• Home
  • Sejarah dan Visi Misi Teknik

Sejarah dan Visi Misi Teknik

Kebijaksanaan Pemerintah Indonesia dalam menciptakan Pembangunan Nasional telah menggariskan bahwa pengembangan dunia industrialisasi merupakan langkah yang harus diambil untuk mencapai sasaran pokok yang ingin dicapai di bidang ekonomi dan mencapai tujuan nasional, yaitu masyarakat adil makmur berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila.

Untuk mendorong kebijaksanaan dalam mengembangkan industrialisasi yang tersebar di wilayah nasional khususnya Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi ini pastinya sangat banyak membutuhkan tenaga kerja terampil yang memiliki wawasan tentang industri. Kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi ini sangat dibutuhkan untuk mengembangkan potensi yang dirasa cukup tinggi. Hal inilah yang mendorong Universitas Islam Jakarta membentuk Program Studi Teknik Industri di ibukota DKI Jakarta.

Perjalanan berdirinya Program Studi Teknik Industri ini diawali dengan Pembentukan Tim Penyusun Usulan Pembukaan Program Studi S-1 Teknik Industri yang diawali oleh SK Yayasan Wakaf Perguruan Tinggi Islam Djakarta No. 001A/04/SK/YWPTID/1982 tertanggal 14 Maret 1982, yang bertugas membuat evaluasi kelayakan, dengan mempertimbangkan sumber daya yang dimiliki Fakultas Teknik pada khususnya dan Universitas Islam Jakarta pada umumnya.

Setelah Fakultas Teknik Industri ini dipandang cukup layak, maka perjalanan ijin pendiriannya melalui SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.0503/D/1984 memberikan status Terdaftar pada Fakultas Teknik Industri Universitas Islam Jakarta pada tanggal 30 Oktober 1984.


Visi

Menjadi program studi Teknik Industri yang unggul di tingkat Nasional tahun 2020 dengan pola dasar olmu amaliah dan amal ilmiah


Misi

  1. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Allah SWT, memiliki akglaqulkarimah, etos kerja, kepekaan sosial, dan nilai-nilai kebangsaan serta memiliki tanggung jawab profesi yang tinggi.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu berpikir secara sistemik dalam mengidentifikasi, memahami, memformulasikan, dan memecahkan permasalahan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, serta mampu mengkomunikasikan karya inovatifnya kepada pihak lain dengan baik.
  3. Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu teknik industri dalam rangka membina dan mengembangkan industri manufaktur di Indonesia

Tujuan

  1. Melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang teknik industri.
  2. Menghasilkan sarjana teknik industri yang mempunyai kemampuan untuk melakukan perancangan, analisis, perbaikan, instalasi dan implementasi sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, material, mesin/peralatan dan sumber daya lainnya.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk bekerjasama dalam kelompok dan kesadaran mengenai pentingnya belajar berkelanjutan (minal mahdi ilal lahdi).
  4. Mengembangkan dan meningkatkan reputasi profesi teknik industri, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi