• Home
  • Sejarah dan Visi Misi PBA

Sejarah dan Visi Misi PBA

Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) adalah salah satu dari dua prodi yang ada di Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Jakarta (UIJ). Para pendiri UIJ yang memperjuangkan dibukanya prodi PBA pada awalnya menginginkan nama yang digunakan oleh program studi ini adalah Jurusan Bahasa Alquran, karena keinginan mereka untuk menonjolkan keeratan hubungan antara bahasa Arab dan Alquran. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab FAI UIJ adalah prodi Pendidikan Bahasa Arab yang pertama kali dibuka di Perguruan Tinggi Islam Swasta di Jakarta.


Cikal bakal penyelanggaraan program studi (dulu disebut jurusan) PBA dimulai pada bulan September 1993. Dasar hukum penyelenggaraan PBA adalah Surat Keputusan Menteri Agama Nomor: 137 tanggal 11 April 1996. Program studi ini kemudian terakreditasi melalui Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Nomor: 008/BAN-PT/S-1/Ak-IV/VI/2000, tanggal 16 Juni 2000. Penyelanggaran program studi ini berlandaskan pada SK Izin Operasional Surat Keputusan Dit. Binperta Departemen Agama dengan nomor DJ.II/171/2005 dan DJ.1/139/2010 tentang Perpanjangan Izin Penyelenggaraan.


Prodi PBA periode pertama diketuai oleh Bapak Drs. H. Moh. Mansyur (allah yarhamuh) dibantu oleh Bapak Drs. Mugiyono sebagai sekretaris jurusan. Kepemimpinan periode berikutnya dilanjutkan oleh kajur yang kedua yaitu Bapak Drs. K. H. Shalahuddin Habsya, MA dengan sekjurnya Bapak Mukhshon Nawawi, S.Ag. Pada tahun 2003 M, PBA UIJ berganti kepemimpinan lagi dengan kajur yang ketiga yaitu Bapak Mukhshon Nawawi, MA dan sekjurnya adalah Bapak Taufik Hidayat, S.Ag. Duet kajur dan sekjur yang ketiga ini berlangsung selama tiga periode sampai dengan tahun 2015 M. Estafet pengelolaan prodi PBA selanjutnya dimanahkan kepada Bapak Erta Mahyuddin, Lc., SS., M.Pd.I, dan sekjurnya masih tetap dijabat oleh Bapak Taufik Hidayat, MA.


Pada tahun 2000 M, prodi PBA untuk pertama kalinya terakreditasi oleh BAN-PT dengan Nilai/Peringkat B. Pada tahun 2005 M, prodi PBA untuk yang kedua kalinya diakreditasi oleh BAN-PT dengan SK No. 020/BAN-PT/AK-IX/S1/X/2005 tanggal: 10 oktober 2005, dengan Nilai: 352 dan Peringkat B. Akreditasi yang ketiga pada tahun 2010 dengan SK BAN-PT Nomor: 032/BAN-PT/AK-XIII/XII/2010 tanggal: 23 Desember 2010 dengan Nilai: 344 Peringkat B. Sebanyak tiga kali prodi PBA diakreditasi oleh BAN-PT selalu bertahan mendapat Nilai/Peringkat B, baru pada tahun 2015 M, PBA UIJ diakreditasi kembali yang keempat kalinya dan berhasil mendapatkan Nilai/Peringkat A, berdasarkan No. SK.: 0922/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016 berlaku smp tgl 17 Juni 2021


Menjadi program studi yang unggul di tingkat nasional dalam bidang pendidikan bahasa Arab, profesional, berperadaban dan berkeadaban, mampu berkompetisi dalam skala internasional, serta berdaya guna bagi masyarakat.

Visi

Menyelenggarakan pendidikan profesional bidang bahasa Arab yang memiliki keunggulan penguasaan pembelajaran berbasis riset dan penggunaan IT serta keunggulan metodologis.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan profesional bidang bahasa Arab yang memiliki keunggulan penguasaan pembelajaran berbasis riset dan penggunaan IT serta keunggulan metodologis.
  • Mengembangkan bidang penelitian bahasa Arab, baik teori maupun terapan berbasis hasil riset, sebagai pemenuhan tuntutan perubahan kurikulum berbasis KKNI.
Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt, berjiwa pancasila, memiliki jiwa kepemimpinan serta memiliki potensi melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, serta mampu berperan dalam mengembangkan nilai-nilai keislaman dan berwawasan global.
  2. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Arab yang profesional dengan kompetensi mengajarkan bahasa Arab pada satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah, di lembaga pendidikan formal maupun nonformal, dengan didukung penguasaan teknologi informatika.
  3. Mencetak sarjana muslim strata satu (S-1) yang memiliki keahlian dalam mengembangkan Pendidikan Bahasa Arab.
  4. Mengembangkan berbagai model perkuliahan yang kreatif dan inovatif serta relevan dengan kebutuhan stakeholder.
  5. Meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian kependidikan bahasa Arab yang mendukung visi program studi melalui kerja sama dengan berbagai pihak