Home News Link Contact Us
Menu Utama
Beranda
Sambutan Rektor
Sejarah Singkat
Visi & Misi
Logo UID
Lambang & Bendera
Transportasi Umum
Akademik
Sistem Pendidikan
Kalender Akademik
Program S1
Administrasi
Cuti Kuliah
Sanksi
Wisuda
Ijazah
Program Studi
Hukum
Ekonomi Manajemen
Bahasa Arab
Pendi. Agama Islam
Teknik Idustri
Pascasarjana
Magister Manajemen
Pendidikan Agama Islam
Pemikiran Islam
Ilmu Hukum
Jurnal UID
Reformasi Hukum
Pendidikan Islam
Jurnal Tarodhi
Teknik Industri
Milenium Hukum
Direktori
Rektorat
Biro & Lembaga
Unit Pelaksana Teknis
Organasasi Mahasiswa
Info PMB 2014
Status Program Studi
Syarat dan Waktu Kuliah
Biaya Kuliah
Jadwal Seleksi Ujian
Download Formulir
Brosur S2 MM
Formulir S1
Brosur S2 MH
Jurnal Internasional
Garuda
Proquest
EBSCO

Logo

 

Rabbi Zidnii Ilman"

Tuhanku, Tambahkanlah aku Ilmu pengetahuan

 
Tulisan :
Rabbi  zidnii Ilman adalah ungkapan akhir ayat 114 surat Thoha. Menurut riwayat Ibnu Abbas, sebab turunya ayat tersebut adalah ketika malaikat Jibril membacakan salah satu ayat Tuhan dan Rasulullah segera mengikuti kata demi kata agar dapat menghafalkannya dengan segera. Namun malaikat Jibril memberitahukan supaya Rasulullah tidak mengahafal dengan cara seperti itu, tetapi tunggulah sampai kalimat itu selesai diucapkan Jibril kemudian Rasulullah mengulangi. Dan agar Rasulullah mudah menghafal, maka Jibril mengajarkan satu doa kepada Rasul yaitu Rabbi Zidnii Ilman"(Tambahkanlah aku ilmu pengetahuan). Dengan doa ini, diharapkan kepada kita untuk senantiasa  menurut ilmu.
 
Warna :
Warna dasar simbol warna Hitam melambangkan manusia pada awalnya berada dalam kegelapan, tiada tahu untuk apa, mengapa dan bagaimana,ia diciptakan, siapa yang menciptakannya dan dimana tujuan akhir perjalanannya. Warna tulisan  Kuning Emas melambangkan cahaya yang terpancar dari Sang Pencipta. Penguasa Alam Semesta, Allah SWT yang menguak segala tabir kegelapan sehingga manusia dapat menjawab segala ketidaktahuannya. Cahaya itulah yang menyebabkan manusia mampu melihat, mengetahui dan menghayati keberadaannya di muka bumi.
 
Bentuk Simbol :
Dasar dari simbol berbentuk bulat, melambangkan manusia selalu diliputi dan dikelilingi berbagai masalah. Kaligrafi simbol berbentuk piramida mutsallatsat) melambangkan cahaya yang terpencar dari atas menerngi manusia dan alam sehingga manusia diharapkan mampu mengatasi masalahnya. 
  Print this |
   
  Copyright © 2008, UID. All Rights Reserved