• Home
  • Berita
  • Universitas Islam Jakarta Meraih Hibah Program Gerakan Nasional Revolusi Mental 2021 Dari Kemenko PMK dan Forum Rektor Indonesia

Berita UIJ

Universitas Islam Jakarta Meraih Hibah Program Gerakan Nasional Revolusi Mental 2021 Dari Kemenko PMK dan Forum Rektor Indonesia


Kamis, 05 Agustus 2021



Universitas Islam Jakarta (UID)lolos seleksi dalam kompetisi nasional program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Tahun 2021 yang diprakarsi oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK)dan Forum Rektor Indonesia (FRI). Kepastian lolos seleksi ini tertuang dalam Surat Forum Rektor Indonesia No. 058/IT3/TU/FRI/2021 yang menyatakan bahwa UID lolos seleksi dalam kompetisi nasional program GNRM - 2021 yang diselenggarakan oleh Kemenko PMK dan FRI.

Dalam program GNRM 2021 ini, tema yang diusung oleh UID adalah Penguatan Kepedulian Dosen dan Mahasiswa Terhadap Kelestarian Lingkungan Melalui Penanaman Pohon Mangrove di Pesisir Jakarta. Tema ini diambil dengan berbagai alasan. Pertama, wilayah pesisir mempunyai peran yang penting bagi masyarakat dan mempunyai potensi yang besar dalam menunjang pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian. penanganan wilayah pesisir dan sumber daya alamnya harus dilakukan dengan baik dan benar, termasuk penanganan hutan mangrove-nya. Namun demikian, wilayah pesisir Indonesia juga menghadapi berbagai permasalahan karena berbagai hal sehingga berdampak pada kondisi ekonomi, sosial, dan lingkungan wilayah pesisir. Kedua, pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) secara nyata telah mengganggu kondisi ekonomi nasional, termasuk masyarakat di wilayah pesisir Jakarta. Oleh karena itu, diperlukan berbagai program yang dapat menjadi stimulus bagi ketahanan ekonomi masyarakat diwilayah pesisir Jakarta. Ketiga, kelestarian lingkungan harus menjadi tanggungjawab dari seluruh komponen masyarakat, termasuk kalangan akademisi khususnya dosen dan mahasiswa.

Secara umum, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendukung rencana pemerintah melalui Kemenko PKM dan FRI dalam mewujudkaan Gerakan Nasional Revolusi Mental Melalui Partisipasi Masyarakat. Melalui kegiatan ini, UID berkeinginan untuk menjadi salah satu pusat perubahan gerakan revolusi mental dalam mewujudkan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM). Perubahan ini diwujudkan dalam bentuk perubahan sikap, perilaku, cara pikir,cara pandang, dan cara kerja civitas akademika kampus untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju, mandiri, adil, dan makmur.

#GNRM 2021

#gerakanindonesiamelayani

#gerakanindonesiatertib

#gerakanindonesiabersih

#gerakanindonesiamandiri

#gerakanindonesiabersatu