• Home
  • Artikel
  • Analisis safety Performance index dengan menggunakan metode behavior

Artikel UIJ

Analisis safety Performance index dengan menggunakan metode behavior


Kamis, 11 Juli 2019



Abstrak
Perusahaan yang bergerak di bidang manufactur seharusnya memperhatikan keselamatan terhadap karyawannya. Dalam penelitian yang dilakukan di PT SUBANG AUTOCOMP INDONESIA ingin menganalisis mengenai penanganan keselamatan kerja yang ada serta membandingkan dengan suatu metode baru yang ingin dikembangkan mengenai keselamatan kerja. Metode ini merupakan suatu metode aplikasi sistematis dari riset psikologi terhadap perilaku manusia (human behavior) dalam masalah masalah K3 di tempat kerja yaitu metode Behavior Based Safety.
Tujuan penelitian pada Penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor faktor yang menyebabkan kecelakaan kerja yang disebaban oleh perilaku dan mengetahui besarnya pengaruh variabel dalam Behavior Based Safety dalam upaya peningkatan safe behavior pada PT SUBANG AUTOCOMP INDONESIA. Analisis metode ini dengan menggunakan penyebaran quesioner yang kemudian akan di uji secara kuantitatif dengan menggunakan aplikasi SPSS 23.
Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor faktor yang menyebabkan kecelakaan kerja yang disebabkan oleh perilaku diambil dari uji validitas, yaitu faktor persepsi, komunikasi dan lingkungan karean ketiga faktor tersebut sangat rentan diabaikan oleh karyawan maupun manajemen perusajaan. Faktor lingkungan dan APD tidak berpengaruh terhadap kecelakaan kerja karena pihak manajemen selalu memberikan edukasi kepada karyawannya dan menegakkan peraturan dalam penggunaan APD, dan besarnya pengaruh variabel yang diteliti dalam Behavior Based Safety dalam upaya peningkatan safe behavior yaitu sebesar 79,7% dan sisanya sebesar 20,3% dipengaruhi oleh hal hal lain yang tidak diteliti. NIai 79,7% tersebut terdiri dari persepsi, komunikasi dan lingkungan. untuk lebih lengkapnya bisa di lihatdisini



Leave a Comment: